Finku adalah aplikasi pengatur keuangan pribadi, bantu kamu catat transaksi dari semua akun finansialmu secara otomatis. Caranya gampang, kamu tinggal hubungkan semua akun bank, e-wallet, dan akun investasi kamu ke aplikasi Finku. Tapi, Finku juga sediain pilihan buat kamu yang pengen catat manual dengan cara tambah akun secara manual!
Apakah Finku terdaftar di OJK?
Ya, Finku sudah tercatat di OJK dengan no. surat S-242/MS.22/2022. Finku juga sudah terdaftar Kominfo dan Asosiasi FinTech Indonesia. Jadi jangan khawatir, keamanan data & privasimu aman di Fink
Apa saja internet & mobile banking yang sudah terintegrasi dengan Finku?
Untuk saat ini mobile banking yang sudah terintegrasi adalah myBCA, Maybank, CIMB Niaga, Danamon, dan OCBC. Jika mobile banking pilihanmu belum termasuk di antaranya, kamu bisa menyambungkannya melalui Internet Banking dengan pilihan bank yang tersedia adalah BCA, Mandiri, CIMB Niaga, Permata, OCBC, Danamon, BNI, dan BRI. Selain itu kamu juga bisa menambahkan akun finansial secara manual!
Net Saldo di Finku itu maksudnya apa sih?
Jadi, Net Saldo itu merupakan saldo bersih yang kamu punya di seluruh akun finansial kamu. Misalnya kamu menghubungkan 3 akun bank, 2 e-wallet, dan 1 akun investasi. Maka total uang yang kamu miliki di seluruh akun tersebut akan tertulis sebagai Net Saldo. Finku nggak bisa melakukan penyimpanan uang, jadi kamu nggak bisa melakukan penarikan Net Saldo.
Apakah bisa melakukan pembayaran lewat Finku?
Saat ini, pembayaran yang bisa kamu lakukan lewat Finku hanyalah pembayaran tagihan. Pembayaran tagihan hanya dapat dilakukan sesuai vendor tagihan yang tersedia dan pembayaran akan dilakukan lewat platform mitra Finku.
Berapa banyak akun finansial yang bisa terhubung dengan Finku?
Tenang, kamu bisa menghubungkan sebanyak-banyaknya akun bank maupun e-wallet yang kamu miliki dengan Finku secara GRATIS! Dengan catatan, selama bank tersebut sudah terintegrasi dengan Finku. Finku akan terus mengoptimalkan performa layanan kami dengan menyediakan lebih banyak lembaga bank lainnya.
Bagaimana cara mengatur ulang password/lupa password?
Ingin atur ulang password? Atau gagal login karena lupa password? Ikutin langkah-langkah ini:
Buka profil kamu di kanan atas layar dan pilih untuk keluar.
Saat kembali berada di halaman 'Login', klik 'Lupa password'.
Jika saat klik lupa 'password' tidak bisa, silakan kirim keluhan kamu ke customer.experience@finku.id. Dengan mengikuti format berikut :
Tulis ‘[Email terdaftar]_Penggantian Password’ pada bagian subjek email
Untuk alasan keamanan, sertakan data-data ini pada bagian isi email :
Nama lengkap
Nomor HP terdaftar
Alamat email yang terdaftar
Alasan ingin mengganti password
Semoga penjelasannya membantu kamu ya!
Bagaimana cara mengubah PIN?
Pin akun digunakan sebelum kamu masuk aplikasi Finku, supaya semua historis transasksi kamu bisa lebih aman! Jika kamu ingin mengubah PIN, ikuti langkah di bawah ini:
Klik ‘Lupa PIN’ di bawah bagian ‘Masukkan PIN keamanan’
Link untuk melakukan reset PIN akan terkirim automatis ke emailmu
Jika saat klik 'Lupa PIN' tidak bisa :
Buat email ke customer.experience@finku.id
Untuk alasan keamanan, pastikan kamu mengirim email yang terdaftar di Finku ya
Tulis ‘[Email terdaftar]_Permohonan Ganti Pin’ pada bagian subjek email
Sertakan data-data ini pada bagian isi email: Nama Lengkap, Nomor HP / email yang terdaftar, alasan ingin mengganti pin
Jangan khawatir, PIN lamamu tidak akan bisa digunakan oleh Tim Finku atau pihak lainnya untuk login! Setelah kamu melakukan semua prosedur di atas, tunggu balasan dari tim Finku untuk membantu atur ulang pin akunmu!
Apakah aplikasi Finku aman?
Finku menjamin keamanan semua data dan privasi para penggunanya melalui penggunaan metode enkripsi "AES-256" yang setara dengan bank serta aplikasi finansial ternama nasional dan internasional. Finku juga diawasi oleh Kominfo dan berada dibawah naungan Asosiasi Fintech Indonesia.
Apakah aman jika menghubungkan akun finansial ke Finku?
Tentu saja aman! Finku mengamankan data pengguna menggunakan metode enkripsi "AES-256" sehingga kunci keamananmu hanya milikmu, Finku tidak bisa mengubah apalagi menjual datamu. Selain hubungkan akun otomatis, Finku juga memiliki fitur menghubungkan akun secara manual, loh!
Kenapa saya mendapat informasi ada orang lain yang masuk di akun bank saya?
Jangan khawatir ya, untuk dapat mencatat transaksimu secara otomatis Finku membutuhkan persetujuan izin masuk ke semua pengguna, termasuk kamu. Namun, Finku hanya dapat mengakses transaksi secara read-only dan tidak akan bisa membuat dan mengubah transaksi ataupun melakukan transfer dana.
Apakah aku bisa menambahkan akun bank/e-wallet/investasi secara manual?
Bisa banget! Tinggal ikutin langkah dibawah ini ya:
1. Klik Akun Otomatis atau Manual lewat tombol ‘+’ di Home
2. Dibagian Tambah Akun Lainnya, klik "+" untuk menambah akun manual
3. Masukkan nama akun manualmu, dan jumlah saldo terbarumu
4. Untuk menyimpannya, klik tombol Tambah Akun Manual
Yuk tambah akun manual sekarang, untuk atur keuangan jadi lebih pintar!
Saya sudah coba menghubungkan akun secara otomatis, tapi kenapa gagal ya?
Kalau kamu selalu gagal saat mencoba menghubungkan akun bank kamu, coba cek beberapa hal ini:
Coba cek apakah rekening bank yang ingin kamu hubungkan masuk ke dalam daftar bank yang telah terintegrasi dengan Finku
Pastikan username dan password bank yang kamu hubungkan sudah sesuai
Jika kamu sudah memastikan 2 langkah diatas, dan masih tidak bisa, coba cek akun yang kamu gunakan dengan institusi terkait
Atau kamu juga bisa mengecek koneksi internet kamu. Biasanya butuh waktu 45 detik untuk membuat akunmu terhubung
Kalau sudah melakukan semua hal di atas namun masih mengalami gangguan, silakan hubungi layanan bantuan Finku melalui email: customer.experience@finku.id atau WhatsApp: 083144220707.
Untuk kemudahan sahabat Finku dan memastikan keamanan, silakan gunakan format email di bawah ini:
Tulis ‘[Email terdaftar]_Gagal Hubungkan Akun’ pada bagian subjek email
Untuk alasan keamanan, sertakan data-data ini pada bagian isi email: Nama lengkap, Nomor HP terdaftar, Alamat email terdaftar, Rekening terdaftar, Jenis e-banking, Keluhan
Kenapa data tidak muncul padahal akun sudah berhasil terhubung secara otomatis?
Akun kamu sudah terhubung tapi historis transaksi keuangannya ga kebaca? Coba cek beberapa hal ini:
Cek kembali koneksi internet kamu, lalu coba muat ulang laman aplikasi
Cek kembali layanan e-banking yang kamu hubungkan apakah mengalami perubahan username atau password
Kalau sudah melakukan semua hal di atas namun masih mengalami gangguan, silakan hubungi layanan bantuan Finku melalui email: customer.experience@finku.id atau WhatsApp: 083144220707.
Untuk kemudahan sahabat Finku dan memastikan keamanan, silakan gunakan format email di bawah ini:
Tulis ‘[Email terdaftar]_Gagal Hubungkan Akun’ pada bagian subjek email
Untuk alasan keamanan, sertakan data-data ini pada bagian isi email: Nama lengkap, Nomor HP terdaftar, Alamat email terdaftar, Rekening terdaftar, Jenis e-banking, Keluhan
Apakah saya bisa memutuskan akun finansial yang sudah terhubung dengan Finku?
Bisa, kok! Kamu bisa memutuskan bank yang telah kamu integrasikan dengan Finku dengan mengikuti langkah-langkah ini:
1. Cek semua akun bank kamu yang terhubung dengan Finku melalui Profile, lalu klik “Lihat Semua Akun Finansialmu”
2. Pilih akun bank yang ingin kamu hapus dari aplikasi Finku lalu klik ‘Hapus’ seperti tampilan dibawah ini:
3. Jika sudah yakin akan memutuskan akunmu dari Finku, jangan lupa ketik ‘HAPUS’ sebagai bentuk konfirmasi, ya!
Kapan hadiah bola kristal akan dikirim?
Kamu bisa dapetin hadiah setelah klik “klaim” hadiah bola kristal pada fitur daily check-in, hadiah akan dikirimkan paling lambat 5x24 jam (hari kerja), ya!
Kenapa nomor antrean FinFund nggak berubah?
Untuk saat ini nomor antrean yang ditampilkan di halaman FinFund memang nggak akan berjalan, meski pengajuan limitmu sedang di proses. Jangan khawatir, kamu akan tetap dapat notifikasi saat pengajuanmu diterima atau ada perubahan status lainnya. Finku akan terus melakukan perubahan agar proses antreanmu bisa dilacak secara *real-time*. Tunggu, ya!
Berapa lama proses pengajuan Finfund?
Sampai saat ini proses verifikasi dilakukan oleh tim FinFund secara manual, sehingga Finku belum bisa memberikan estimasi proses pengajuan secara pasti. Tapi tenang, kamu akan tetap dapat notifikasi saat pengajuanmu diterima atau ada perubahan status lainnya.
Apa yang dimaksud dengan Pemasukan?
Pemasukan merupakan total semua uang masuk yang kamu terima di semua akun finansialmu.
Apa yang dimaksud dengan Pengeluaran?
Pengeluaran merupakan total yang kamu keluarkan dari semua akun finansialmu, termasuk tagihan yang sudah kamu bayarkan.
Apa yang dimaksud dengan Tagihan Mendatang?
Tagihan mendatang merupakan total tagihan yang belum kamu bayarkan. Jika sudah kamu bayarkan, akan masuk ke dalam Pengeluaran.
Bagaimana cara menghitung Estimasi Ditabung?
Estimasi Ditabung dapat dihitung dengan cara:Total Pemasukan – Total Pengeluaran – Sisa Budget*Sisa Budget bisa dihitung dengan cara:Total Budget – Total Budget terpakai
Bagaimana cara menghitung Total Aset?
Total Aset dapat dihitung dengan cara:Total Tabungan + Total Investasi – Hutang
Apa yang dimaksud dengan Total Tabungan?
Total Tabungan merupakan semua aset liquid yang kamu miliki di semua akun finansial kamu.
Apa yang dimaksud dengan Total Investasi?
Total Investasi merupakan semua aset investasi (baik saham, reksadana, dll) yang kamu miliki di semua akun finansial kamu.
Apa yang dimaksud dengan Total Hutang?
Total Hutang adalah semua hutang tunaimu yang belum kamu bayarkan seperti cicilan atau hutang pada teman.
Bagaimana cara menghitung Total Hutang?
Total Hutang dapat dihitung dengan cara:Total Hutang + Total pembayaran langganan berikutnya*Total pembayaran langganan berikutnya adalah pembayaran langganan kamu setiap bulannya seperti Netflix atau subscription Adobe.
Sebenernya, Finku itu aplikasi apa sih?
Finku adalah aplikasi pengatur keuangan pribadi, bantu kamu catat transaksi dari semua akun finansialmu secara otomatis. Caranya gampang, kamu tinggal hubungkan semua akun bank, e-wallet, dan akun investasi kamu ke aplikasi Finku. Tapi, Finku juga sediain pilihan buat kamu yang pengen catat manual dengan cara tambah akun secara manual!
Apakah Finku terdaftar di OJK?
Ya, Finku sudah tercatat di OJK dengan no. surat S-242/MS.22/2022. Finku juga sudah terdaftar Kominfo dan Asosiasi FinTech Indonesia. Jadi jangan khawatir, keamanan data & privasimu aman di Fink
Apa saja internet & mobile banking yang sudah terintegrasi dengan Finku?
Untuk saat ini mobile banking yang sudah terintegrasi adalah myBCA, Maybank, CIMB Niaga, Danamon, dan OCBC. Jika mobile banking pilihanmu belum termasuk di antaranya, kamu bisa menyambungkannya melalui Internet Banking dengan pilihan bank yang tersedia adalah BCA, Mandiri, CIMB Niaga, Permata, OCBC, Danamon, BNI, dan BRI. Selain itu kamu juga bisa menambahkan akun finansial secara manual!
Net Saldo di Finku itu maksudnya apa sih?
Jadi, Net Saldo itu merupakan saldo bersih yang kamu punya di seluruh akun finansial kamu. Misalnya kamu menghubungkan 3 akun bank, 2 e-wallet, dan 1 akun investasi. Maka total uang yang kamu miliki di seluruh akun tersebut akan tertulis sebagai Net Saldo. Finku nggak bisa melakukan penyimpanan uang, jadi kamu nggak bisa melakukan penarikan Net Saldo.
Apakah bisa melakukan pembayaran lewat Finku?
Saat ini, pembayaran yang bisa kamu lakukan lewat Finku hanyalah pembayaran tagihan. Pembayaran tagihan hanya dapat dilakukan sesuai vendor tagihan yang tersedia dan pembayaran akan dilakukan lewat platform mitra Finku.
Berapa banyak akun finansial yang bisa terhubung dengan Finku?
Tenang, kamu bisa menghubungkan sebanyak-banyaknya akun bank maupun e-wallet yang kamu miliki dengan Finku secara GRATIS! Dengan catatan, selama bank tersebut sudah terintegrasi dengan Finku. Finku akan terus mengoptimalkan performa layanan kami dengan menyediakan lebih banyak lembaga bank lainnya.
Bagaimana cara mengatur ulang password/lupa password?
Ingin atur ulang password? Atau gagal login karena lupa password? Ikutin langkah-langkah ini:
Buka profil kamu di kanan atas layar dan pilih untuk keluar.
Saat kembali berada di halaman 'Login', klik 'Lupa password'.
Jika saat klik lupa 'password' tidak bisa, silakan kirim keluhan kamu ke customer.experience@finku.id. Dengan mengikuti format berikut :
Tulis ‘[Email terdaftar]_Penggantian Password’ pada bagian subjek email
Untuk alasan keamanan, sertakan data-data ini pada bagian isi email :
Nama lengkap
Nomor HP terdaftar
Alamat email yang terdaftar
Alasan ingin mengganti password
Semoga penjelasannya membantu kamu ya!
Bagaimana cara mengubah PIN?
Pin akun digunakan sebelum kamu masuk aplikasi Finku, supaya semua historis transasksi kamu bisa lebih aman! Jika kamu ingin mengubah PIN, ikuti langkah di bawah ini:
Klik ‘Lupa PIN’ di bawah bagian ‘Masukkan PIN keamanan’
Link untuk melakukan reset PIN akan terkirim automatis ke emailmu
Jika saat klik 'Lupa PIN' tidak bisa :
Buat email ke customer.experience@finku.id
Untuk alasan keamanan, pastikan kamu mengirim email yang terdaftar di Finku ya
Tulis ‘[Email terdaftar]_Permohonan Ganti Pin’ pada bagian subjek email
Sertakan data-data ini pada bagian isi email: Nama Lengkap, Nomor HP / email yang terdaftar, alasan ingin mengganti pin
Jangan khawatir, PIN lamamu tidak akan bisa digunakan oleh Tim Finku atau pihak lainnya untuk login! Setelah kamu melakukan semua prosedur di atas, tunggu balasan dari tim Finku untuk membantu atur ulang pin akunmu!
Apakah aplikasi Finku aman?
Finku menjamin keamanan semua data dan privasi para penggunanya melalui penggunaan metode enkripsi "AES-256" yang setara dengan bank serta aplikasi finansial ternama nasional dan internasional. Finku juga diawasi oleh Kominfo dan berada dibawah naungan Asosiasi Fintech Indonesia.
Apakah aman jika menghubungkan akun finansial ke Finku?
Tentu saja aman! Finku mengamankan data pengguna menggunakan metode enkripsi "AES-256" sehingga kunci keamananmu hanya milikmu, Finku tidak bisa mengubah apalagi menjual datamu. Selain hubungkan akun otomatis, Finku juga memiliki fitur menghubungkan akun secara manual, loh!
Kenapa saya mendapat informasi ada orang lain yang masuk di akun bank saya?
Jangan khawatir ya, untuk dapat mencatat transaksimu secara otomatis Finku membutuhkan persetujuan izin masuk ke semua pengguna, termasuk kamu. Namun, Finku hanya dapat mengakses transaksi secara read-only dan tidak akan bisa membuat dan mengubah transaksi ataupun melakukan transfer dana.
Apakah aku bisa menambahkan akun bank/e-wallet/investasi secara manual?
Bisa banget! Tinggal ikutin langkah dibawah ini ya:
1. Klik Akun Otomatis atau Manual lewat tombol ‘+’ di Home
2. Dibagian Tambah Akun Lainnya, klik "+" untuk menambah akun manual
3. Masukkan nama akun manualmu, dan jumlah saldo terbarumu
4. Untuk menyimpannya, klik tombol Tambah Akun Manual
Yuk tambah akun manual sekarang, untuk atur keuangan jadi lebih pintar!
Saya sudah coba menghubungkan akun secara otomatis, tapi kenapa gagal ya?
Kalau kamu selalu gagal saat mencoba menghubungkan akun bank kamu, coba cek beberapa hal ini:
Coba cek apakah rekening bank yang ingin kamu hubungkan masuk ke dalam daftar bank yang telah terintegrasi dengan Finku
Pastikan username dan password bank yang kamu hubungkan sudah sesuai
Jika kamu sudah memastikan 2 langkah diatas, dan masih tidak bisa, coba cek akun yang kamu gunakan dengan institusi terkait
Atau kamu juga bisa mengecek koneksi internet kamu. Biasanya butuh waktu 45 detik untuk membuat akunmu terhubung
Kalau sudah melakukan semua hal di atas namun masih mengalami gangguan, silakan hubungi layanan bantuan Finku melalui email: customer.experience@finku.id atau WhatsApp: 083144220707.
Untuk kemudahan sahabat Finku dan memastikan keamanan, silakan gunakan format email di bawah ini:
Tulis ‘[Email terdaftar]_Gagal Hubungkan Akun’ pada bagian subjek email
Untuk alasan keamanan, sertakan data-data ini pada bagian isi email: Nama lengkap, Nomor HP terdaftar, Alamat email terdaftar, Rekening terdaftar, Jenis e-banking, Keluhan
Kenapa data tidak muncul padahal akun sudah berhasil terhubung secara otomatis?
Akun kamu sudah terhubung tapi historis transaksi keuangannya ga kebaca? Coba cek beberapa hal ini:
Cek kembali koneksi internet kamu, lalu coba muat ulang laman aplikasi
Cek kembali layanan e-banking yang kamu hubungkan apakah mengalami perubahan username atau password
Kalau sudah melakukan semua hal di atas namun masih mengalami gangguan, silakan hubungi layanan bantuan Finku melalui email: customer.experience@finku.id atau WhatsApp: 083144220707.
Untuk kemudahan sahabat Finku dan memastikan keamanan, silakan gunakan format email di bawah ini:
Tulis ‘[Email terdaftar]_Gagal Hubungkan Akun’ pada bagian subjek email
Untuk alasan keamanan, sertakan data-data ini pada bagian isi email: Nama lengkap, Nomor HP terdaftar, Alamat email terdaftar, Rekening terdaftar, Jenis e-banking, Keluhan
Apakah saya bisa memutuskan akun finansial yang sudah terhubung dengan Finku?
Bisa, kok! Kamu bisa memutuskan bank yang telah kamu integrasikan dengan Finku dengan mengikuti langkah-langkah ini:
1. Cek semua akun bank kamu yang terhubung dengan Finku melalui Profile, lalu klik “Lihat Semua Akun Finansialmu”
2. Pilih akun bank yang ingin kamu hapus dari aplikasi Finku lalu klik ‘Hapus’ seperti tampilan dibawah ini:
3. Jika sudah yakin akan memutuskan akunmu dari Finku, jangan lupa ketik ‘HAPUS’ sebagai bentuk konfirmasi, ya!
Kapan hadiah bola kristal akan dikirim?
Kamu bisa dapetin hadiah setelah klik “klaim” hadiah bola kristal pada fitur daily check-in, hadiah akan dikirimkan paling lambat 5x24 jam (hari kerja), ya!
Kenapa nomor antrean FinFund nggak berubah?
Untuk saat ini nomor antrean yang ditampilkan di halaman FinFund memang nggak akan berjalan, meski pengajuan limitmu sedang di proses. Jangan khawatir, kamu akan tetap dapat notifikasi saat pengajuanmu diterima atau ada perubahan status lainnya. Finku akan terus melakukan perubahan agar proses antreanmu bisa dilacak secara *real-time*. Tunggu, ya!
Berapa lama proses pengajuan Finfund?
Sampai saat ini proses verifikasi dilakukan oleh tim FinFund secara manual, sehingga Finku belum bisa memberikan estimasi proses pengajuan secara pasti. Tapi tenang, kamu akan tetap dapat notifikasi saat pengajuanmu diterima atau ada perubahan status lainnya.
Apa yang dimaksud dengan Pemasukan?
Pemasukan merupakan total semua uang masuk yang kamu terima di semua akun finansialmu.
Apa yang dimaksud dengan Pengeluaran?
Pengeluaran merupakan total yang kamu keluarkan dari semua akun finansialmu, termasuk tagihan yang sudah kamu bayarkan.
Apa yang dimaksud dengan Tagihan Mendatang?
Tagihan mendatang merupakan total tagihan yang belum kamu bayarkan. Jika sudah kamu bayarkan, akan masuk ke dalam Pengeluaran.
Bagaimana cara menghitung Estimasi Ditabung?
Estimasi Ditabung dapat dihitung dengan cara:Total Pemasukan – Total Pengeluaran – Sisa Budget*Sisa Budget bisa dihitung dengan cara:Total Budget – Total Budget terpakai
Bagaimana cara menghitung Total Aset?
Total Aset dapat dihitung dengan cara:Total Tabungan + Total Investasi – Hutang
Apa yang dimaksud dengan Total Tabungan?
Total Tabungan merupakan semua aset liquid yang kamu miliki di semua akun finansial kamu.
Apa yang dimaksud dengan Total Investasi?
Total Investasi merupakan semua aset investasi (baik saham, reksadana, dll) yang kamu miliki di semua akun finansial kamu.
Apa yang dimaksud dengan Total Hutang?
Total Hutang adalah semua hutang tunaimu yang belum kamu bayarkan seperti cicilan atau hutang pada teman.
Bagaimana cara menghitung Total Hutang?
Total Hutang dapat dihitung dengan cara:Total Hutang + Total pembayaran langganan berikutnya*Total pembayaran langganan berikutnya adalah pembayaran langganan kamu setiap bulannya seperti Netflix atau subscription Adobe.