FINKU – SYARAT DAN KETENTUAN LAYANAN
Syarat dan ketentuan ini yang mengatur ketentuan penggunaan Anda (“Syarat dan Ketentuan”) sebelum Anda mengakses dan menggunakan Aplikasi Finku (“Aplikasi”). Syarat dan Ketentuan ini untuk Aplikasi yang dimiliki dan dioperasikan oleh PT. Sahabat Finansial Kamu – perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia, disebut sebagai "Perusahaan", "Kami", "Milik Kami", atau "Kita").
Dengan menggunakan atau mengakses Aplikasi atau layanan lain apa pun yang disediakan oleh Kami, Anda dengan ini setuju untuk terikat oleh Ketentuan Penggunaan ini. Ketentuan Penggunaan ini memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang Aplikasi dan Kami yang terdapat dalam Aplikasi.
Pendaftaran Akun Anda
Aplikasi hanya dapat Anda gunakan setelah Anda melakukan pendaftaran untuk akun Anda dan dinyatakan selesai. Anda mengakui bahwa Aplikasi tidak akan tersedia untuk Anda tanpa pendaftaran. Anda dapat menambahkan informasi tentang diri Anda ke akun tersebut sesuai dengan informasi minimal yang dipersyaratkan oleh Kami dalam Aplikasi.
Anda harus berkomitmen terhadap batasan usia untuk melakukan pendaftaran akun, yaitu Anda harus berusia minimal 18 tahun, dan menjamin kebenaran mengenai informasi yang Anda berikan tersebut.
Jika Anda berusia di bawah 18 tahun, Anda harus dan Kami anggap telah mendapatkan izin dari salah satu orang tua atau wali sah untuk melakukan pendaftaran akun. Kami imbau agar Anda tidak membuat akun sampai Anda telah meminta persetujuan orang tua atau wali sah Anda.
Jika Anda adalah orang tua atau wali sah anak di bawah umur yang hendak membuat akun, Anda harus menyetujui Syarat dan Ketentuan ini atas nama anak di bawah umur tersebut, dan Anda bertanggung jawab atas seluruh penggunaan akun atau layanan Aplikasi.
Penggunaan Aplikasi
Anda harus menggunakan Aplikasi hanya sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, untuk tujuan yang dimaksudkan dan mematuhi semua peraturam dan hukum yang berlaku dan ketentuan penggunaan pihak ketiga.
Lisensi Aplikasi
Layanan Aplikasi yang diberikan oleh Kami kepada Anda diatur pada kepatuhan Anda sebagai penerima lisensi (“Penerima Lisensi”) dengan tanggung jawabnya yang ditetapkan sebagai berikut:
Anda bertanggung jawab penuh untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan akses informasi yang Anda gunakan untuk mengakses layanan (sebagaimana dijelaskan lebih lanjut dan didefinisikan dalam Ketentuan Umum Layanan), termasuk namun tidak terbatas pada nomor akses, kata sandi, pertanyaan dan jawaban keamanan, nomor akun, dan/atau informasi login (secara kolektif disebut "Akses Informasi Penerima Lisensi").
Anda bertanggung jawab penuh untuk memastikan bahwa penggunaan layanan Aplikasi oleh Anda tidak melanggar Syarat dan Ketentuan, kebijakan, pedoman, peraturan, atau batasan apa pun yang berlaku dari penyedia layanan keuangan Anda. Anda dengan ini mengakui dan setuju bahwa Anda bertanggung jawab penuh untuk memverifikasi kepatuhan layanan Aplikasi dengan syarat dan ketentuan, kebijakan, pedoman, peraturan, atau batasan penyedia layanan keuangan Anda dan Kami secara tegas melepaskan tanggung jawab apa pun yang berasal dari kegagalan Anda untuk melakukannya.
Anda bertanggung jawab penuh atas semua komunikasi elektronik, termasuk pendaftaran akun dan informasi pemegang akun lainnya, email, data keuangan, dan data lain yang dimasukkan menggunakan Akses Informasi Penerima Lisensi. Perusahaan berasumsi bahwa komunikasi apa pun yang diterima melalui penggunaan Akses Informasi Penerima Lisensi dikirim atau disahkan oleh Anda dan bahwa komunikasi apa pun yang Anda kirim sesuai dengan undang-undang yang berlaku.
Anda dengan ini menyetujui untuk segera memberitahu Kami jika Anda mengetahui adanya kehilangan, pencurian, atau penggunaan tanpa izin atas Akses Informasi Penerima Lisensi. Kami berhak untuk menolak akses ke layanan (atau bagian apapun darinya) jika Kami secara wajar yakin bahwa kehilangan, pencurian, atau penggunaan yang tidak sah atas Akses Informasi Penerima Lisensi telah terjadi untuk memungkinkan Kami untuk menyelidiki kehilangan, pencurian, atau penggunaan yang tidak sah dari Akses Informasi Penerima Lisensi mana pun.
Anda dengan ini mengakui dan menyetujui bahwa Kami dan pihak ketiga terkait memiliki izin untuk menggabungkan data di akun Anda dari Penyedia Layanan Keuangan Anda seperti biaya bank dan kartu kredit, debit dan deposit ("Data Akun") dengan data dari orang lain dengan cara yang tidak mengidentifikasi Anda atau individu mana pun, dan untuk menggunakan Data Akun agregat tersebut untuk melakukan penelitian analitis tertentu, pelacakan kinerja dan perbandingan, dan mempublikasikan hasil ringkasan atau agregat dari waktu ke waktu, dan mendistribusikan atau melisensikan anonim, data penelitian teragregasi untuk tujuan apa pun, termasuk namun tidak terbatas pada membantu meningkatkan produk dan layanan, membantu pemecahan masalah, dan dukungan teknis.
Pihak Ketiga dan Aplikasi Kami
Kami mungkin memiliki materi di Aplikasi yang disediakan oleh pihak ketiga. Sehubungan dengan penggunaan Anda atas Aplikasi, atau layanan lain apa pun yang disediakan sehubungan dengannya, Anda dimungkinkan untuk diberitahu tentang layanan yang ditawarkan oleh pihak ketiga termasuk perbankan online, pembayaran online, investasi online, pengunduhan akun, pembayaran tagihan online, perdagangan online, dan informasi akun lainnya yang tersedia dari Penyedia Layanan Keuangan pihak ketiga Anda ("Penyedia") (layanan tersebut disebut secara kolektif di sini sebagai "Layanan Pihak Ketiga").
Jika Anda memutuskan untuk menggunakan Layanan Pihak Ketiga, termasuk namun tidak terbatas untuk mengatur perbankan, menjadwalkan layanan untuk mengakses akun Anda, dan/atau mengunduh transaksi, Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk meninjau dan memahami syarat dan ketentuan yang mengatur Layanan Pihak Ketiga tersebut. Dalam keadaan apa pun kami tidak akan bertanggung jawab atas pengiriman Layanan Pihak Ketiga, informasi yang terkandung di situs web pihak ketiga tersebut atau atas penggunaan atau ketidakmampuan Anda untuk menggunakan Layanan Pihak Ketiga atau mengakses akun Anda, memperoleh data, atau mengunduh transaksi. Akses ke situs web pihak ketiga mana pun adalah risiko Anda sendiri, dan Anda mengakui dan memahami bahwa situs web pihak ketiga yang ditautkan mungkin berisi persyaratan dan kebijakan privasi yang berbeda dari milik kami dan di mana kami tidak memiliki masukan atau kendali. Anda dengan ini memahami bahwa Kami secara tegas tidak dapat menerima dan melepaskan tanggung jawab atau menjamin atas keakuratannya dan kinerja Layanan Pihak Ketiga tersebut.
Perubahan dan Penangguhan Aplikasi
Kami memiliki diskresi untuk mengubah atau menghentikan, untuk sementara atau selamanya, layanan Aplikasi termasuk karena alasan teknis, masalah keamanan, dan persyaratan hukum dengan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu yang wajar kepada Anda. Namun, apabila dalam keadaan tertentu, Kami mungkin tidak dapat memberitahu Anda terlebih dahulu. Kami tidak akan bertanggung jawab atas perubahan, penangguhan, atau penghentian layanan.
Modifikasi dapat mencakup penetapan atau perubahan batasan terkait penggunaan layanan, sementara atau permanen, termasuk (i) jumlah ruang penyimpanan yang Anda miliki di layanan setiap saat dan (ii) berapa kali (durasi maksimum) Anda dapat mengakses layanan dalam jangka waktu tertentu. Kami akan berusaha untuk mengirimkan pemberitahuan tentang setiap perubahan pada Persyaratan Lisensi Pengguna Akhir ini untuk jangka waktu tiga puluh (30) hari sebelum modifikasi tersebut. Oleh karena itu, Kami menyarankan Anda untuk meninjau Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu. Penggunaan Anda yang berkelanjutan atas Aplikasi dan layanan yang tersedia setelah pemberitahuan Perusahaan tentang modifikasi Syarat dan Ketentuan ini merupakan persetujuan Anda terhadap Syarat dan Ketentuan yang telah dilakukan perubahan atau modifikasi. Kami dapat melakukan maintenance layanan pada Aplikasi dari waktu ke waktu yang dapat mengakibatkan gangguan, penundaan, atau kesalahan dalam layanan.
Disclaimer
Aplikasi, konten, layanan, dan tautannya disediakan atas dasar "Apa adanya" dan digunakan dengan risiko Anda sendiri. Anda bertanggung jawab penuh atas segala kerusakan pada sistem komputer, aplikasi, atau perangkat lain Anda atau kehilangan data yang diakibatkan oleh penggunaan layanan, Layanan Pihak Ketiga, atau data yang diberikan melalui layanan atau Layanan Pihak Ketiga sejauh yang diizinkan oleh hukum. Kami menyangkal semua jaminan, tersurat, tersirat, atau menurut undang-undang dalam bentuk apapun mengenai Aplikasi ini (termasuk konten, layanan, perangkat lunak, perangkat keras, dan tautan pihak ketiga) termasuk jaminan tersirat apapun tentang kesesuaian untuk tujuan tertentu, dapat diperjualbelikan, judul, non-pelanggaran, hasil, akurasi, kelengkapan, aksesibilitas, kompatibilitas, legalitas, keamanan, bebas kesalahan dan bebas dari gangguan. Jika hukum dan peraturan yang berlaku tidak mengizinkan pengecualian dari beberapa atau semua jaminan tersirat di atas berlaku untuk Anda, pengecualian di atas akan berlaku untuk Anda sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku.
Batasan Tanggung Jawab Kami
Penggunaan Anda atas Aplikasi merupakan tanggung jawab dan risiko yang akan ditanggung oleh Anda sendiri. Anda secara tegas memahami dan menyetujui bahwa Kami atau direktur, karyawan, mitra, agen, atau afiliasinya tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan dan kerugian secara langsung maupun tidak langsung, insidental, khusus, konsekuensial, atau hukuman, termasuk tanpa batasan, kehilangan keuntungan, data, penggunaan, niat baik (goodwill), atau kerugian tidak berwujud maupun berwujud lainnya, yang diakibatkan oleh Syarat dan Ketentuan ini, penggunaan Aplikasi, atau tindakan Kami sehubungan dengan layanan. Terlebih lagi, kami tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan dan kerugian Anda yang disebabkan oleh (a) penggunaan Aplikasi yang tidak tepat; (b) segala konten dan Layanan Pihak Ketiga mana pun pada Aplikasi; dan/atau (c) akses tidak sah ke atau perubahan transmisi atau data Anda.
Jika Anda memiliki keluhan
Jika terdapat keluhan dari Anda, Anda dapat memberi tahu dan menghubungi Kami melalui E-mail customer.experience@finku.id atau melalui WhatsApp +62 882-0034-91816 atau Instagram @finku.id. Syarat dan Ketentuan terakhir diperbarui pada tanggal 6 Februari 2024.
Bahasa
Syarat dan Ketentuan ini dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Apabila terdapat ketidaksesuaian atau perbedaan interpretasi antara versi bahasa Indonesia dan versi bahasa Inggris, Anda setuju bahwa versi bahasa Indonesia yang akan berlaku sejauh ketidaksesuaian atau perbedaan tersebut, dan versi bahasa Inggris yang relevan dianggap secara otomatis diubah agar sesuai dengan bagian yang relevan dari versi bahasa Indonesia.
FINKU - Privacy Policy
Finku ("Kami") menghormati privasi pengguna kami ("Pengguna" atau "Anda"). Kebijakan Privasi ini menjelaskan bagaimana kami mengumpulkan, mengelola, menggunakan, mengungkapkan, dan melindungi informasi yang kami dapatkan dari Anda ketika Anda mengakses dan menggunakan layanan dalam aplikasi Finku (“Aplikasi Finku”), Kami mengharapkan Anda untuk membaca Kebijakan ini dengan cermat. Jika Anda tidak setuju dengan ketentuan Kebijakan Privasi ini, mohon untuk tidak mengakses dan menggunakan Aplikasi Finku.
Kami memiliki diskresi untuk melakukan perubahan pada Kebijakan Privasi ini yang dapat dilakukan sewaktu-waktu dan dengan alasan apa pun. Atas perubahan tersebut, Kami akan memberitahu Anda tentang perubahan apapun dengan diperbaruinya tanggal “Terakhir Diperbarui” pada Kebijakan Privasi ini. Setiap perubahan dan/atau modifikasi akan berlaku segera setelah Kami memposting Kebijakan Privasi yang telah diperbarui di Aplikasi, dan Anda melepaskan hak untuk menerima pemberitahuan khusus dari setiap perubahan atau modifikasi tersebut.
Kami menyarankan Anda untuk meninjau Kebijakan Privasi ini secara berkala untuk tetap mendapat informasi yang terbaru. Anda akan dianggap telah mengetahui, akan tunduk pada, dan akan dianggap telah menerima perubahan dalam Kebijakan Privasi yang diperbarui dengan terus mengakses dan menggunakan Aplikasi Finku setelah tanggal Kebijakan Privasi yang diperbaharui tersebut ditampilkan dalam Aplikasi Finku.
Penggunaan Anda atas Aplikasi Finku maupun setiap Layanan kami (sebagaimana diuraikan dalam Ketentuan Penggunaan) tunduk pada Kebijakan Privasi ini dan merupakan bentuk persetujuan yang tegas dari Anda terhadap Kebijakan Privasi ini.
- Tentang Kami dan Layanan
Aplikasi Finku adalah sebuah aplikasi yang dirancang agar Anda dapat melacak dan menganalisa catatan finansial Anda secara otomatis maupun manual dengan memasukkan transaksi Anda ke dalam Aplikasi Finku. Anda juga dapat melakukan sinkronisasi otomatis dengan rekening bank dan/atau dengan dompet digital milik Anda. Berdasarkan catatan dan sinkronisasi tersebut, Aplikasi Finku akan menyediakan grafik, ikhtisar informasi dan saran atas finansial Anda (untuk selanjutnya disebut, “Layanan”). - Informasi yang Kami Kumpulkan
Kami dapat mengumpulkan informasi tentang Anda dengan berbagai cara. Kami melakukan penggunaan Data Pribadi secara terbatas dan spesifik, sah secara hukum, dan transparan.
Untuk membuka dan memelihara Akun Anda dalam Aplikasi Finku, informasi yang Anda berikan kepada kami dapat termasuk:
- Data Pribadi: Informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi, seperti nama, alamat email, nomor telepon, salinan kartu identitas (Kartu Tanda Penduduk, Passport, Surat Izin Mengemudi, dan/atau kartu identitas lainnya), foto wajah Anda, dan informasi demografis, seperti jenis kelamin, dan termasuk namun tidak terbatas pada data keuangan pribadi seperti OCR e-Statement Anda, yang Anda berikan secara sukarela kepada kami ketika Anda mendaftar dan membuat akun Anda sebelum menggunakan Aplikasi Finku atau saat Anda memilih untuk menggunakan fitur tertentu yang tersedia dalam Aplikasi Finku atau saat Anda memilih untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas yang terkait dengan Aplikasi Finku, seperti obrolan online dan papan pesan, serta berlangganan buletin dan email promosi. Anda tidak berkewajiban untuk memberi kami informasi pribadi dalam bentuk apa pun, namun penolakan Anda untuk melakukannya dapat mencegah Anda menggunakan fitur-fitur tertentu dari Aplikasi ini.
- Data Turunan: Informasi yang dikumpulkan server kami secara otomatis ketika Anda mengakses Aplikasi Finku, seperti alamat IP Anda, jenis browser Anda, sistem operasi Anda, waktu akses Anda, dan termasuk namun tidak terbatas pada halaman yang telah Anda lihat secara langsung sebelum dan setelah mengakses Aplikasi Finku. Informasi ini juga dapat mencakup nama dan jenis perangkat Anda, sistem operasi Anda, nomor telepon Anda, negara Anda, dan interaksi lain dengan aplikasi dan pengguna lain melalui server file log, serta informasi lain yang Anda pilih untuk diberikan.
- Data Perangkat Seluler: Informasi perangkat, seperti sistem operasi Anda, penggunaan koneksi wifi/seluler Anda, tingkat persen baterai Anda, tipe perangkat seluler Anda, ID perangkat seluler Anda, model, dan pabrikan, dan termasuk namun tidak terbatas pada informasi tentang lokasi perangkat Anda, jika Anda mengakses Aplikasi Finku atau situs Kami dari perangkat seluler untuk antara lain mendeteksi lokasi Anda. Kami dapat mengakses Kamera dan Audio pada perangkat seluler Pengguna untuk kami dapat menyediakan Layanan yang akan diberikan kepada Anda, termasuk keperluan verifikasi identitas Anda.
- Ketika Anda menggunakan Aplikasi Finku untuk menganalisa dan melacak keuangan Anda, data transaksi Anda akan disimpan dalam server kami termasuk informasi mengenai pendapatan, pengeluaran, kategori, jumlah uang, tipe-tipe pengeluaran dan pendapatan, Keterangan mengenai jam dan tanggal transaksi dan informasi lainnya yang disediakan oleh Anda.
Untuk menghindari keragu-raguan, jika Anda menggunakan Layanan dan meminta kami untuk menyediakan Anda dengan layanan informasi akun yang terkoneksi atau terasosiasi dengan rekening bank Anda, Anda dengan ini secara tegas memberikan persetujuan untuk terikat oleh Ketentuan Layanan kami dan lisensi Pihak Ketiga atau ketentuan layanan yang berlaku (sebagaimana keadaannya dan sebagaimana akan diberitahukan kepada Anda). Semua Informasi Pribadi Anda yang diberikan sehubungan dengan atau diakses selama partisipasi Anda dalam fitur koneksi bank tersebut akan diproses hanya untuk memberikan Anda layanan informasi rekening. Informasi Akun Anda dan seluruh Data Pribadi lainnya yang diakses melalui fitur koneksi bank akan kami transmisikan melalui protokol yang aman dan terenkripsi. Ketika Akun Anda terkoneksi dengan fitur koneksi bank, kami akan menjamin untuk menjaga kerahasiaan dan menyediakan tingkatan perlindungan yang memadai terhadap Informasi Akun Anda dan seluruh Data Pribadi lainnya yang kami proses terkait dengan penyediaan layanan fitur koneksi bank. Untuk menghindari keragu-raguan, Informasi ini akan dibuat sedemikian rupa sehingga tidak dapat dibaca oleh kami dan kami tidak akan menyediakan serta menyelenggarakan fitur koneksi bank tanpa persetujuan dari Anda.
Kami berhak menggabungkan data yang kami peroleh dari sumber-sumber tersebut dengan data lain yang kami miliki untuk melakukan pemrosesan Data Pribadi. Data Pribadi akan disimpan oleh kami selama periode yang ditentukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami akan menghapus atau mengubah Data Pribadi Pengguna berdasarkan permintaan Pengguna.
- Tempat kami menyimpan informasi Anda yang kami kumpulkan
Informasi yang kami kumpulkan dari Anda atau terkait Anda akan ditransfer, dan disimpan di dalam wilayah Republik Indonesia oleh kami dan/atau Pihak Ketiga yang bekerja berdasarkan instruksi dari kami. Berkaitan dengan hal tersebut, kami akan melakukan segala upaya wajar yang agar setiap dan seluruh Pihak Ketiga yang berkaitan tersebut dapat mengakomodir perlindungan yang sepatutnya serta bersesuaian dengan komitmen kami berdasarkan Kebijakan Privasi ini, dan mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
Apabila kami memberikan Anda (atau apabila Anda memilih untuk memiliki) kata kunci atau password yang memungkinkan Anda untuk mengakses bagian-bagian tertentu dari Aplikasi Finku, Anda bertanggungjawab untuk menjaga kerahasiaan kata kunci tersebut. Kata kunci Anda tersebut, kami minta untuk tidak dibagikan dan diberitahukan kepada pihak lain.
- Penggunaan Informasi Anda
Kami akan menggunakan Data Pribadi yang kami peroleh sesuai dengan tujuan yang tertera. Dengan memiliki informasi yang akurat mengenai Anda akan memungkinkan kami untuk memberi Anda pengalaman secara lancar, efisien, dan disesuaikan. Secara khusus, kami dapat menggunakan informasi yang dikumpulkan tentang Anda melalui Aplikasi Finku untuk:
- Membuat dan mengelola akun Anda.
- Menyediakan Layanan kepada Anda sesuai dengan preferensi Layanan yang dipilih dan disetujui oleh Anda.
- Meningkatkan efisiensi dan pengoperasian Aplikasi Finku dengan melakukan analisis penggunaan dan tren untuk meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan Aplikasi Finku.
- Memberitahu Anda tentang pembaruan Aplikasi Finku.
- Menawarkan Layanan, dan/atau rekomendasi baru kepada Anda dan untuk kami melakukan aktivitas bisnis lainnya sesuai dengan kebutuhan.
- Menjalankan fungsi bisnis dan/atau usaha yang dijalankan oleh Finku dan/atau afiliasinya.
- Mencegah transaksi penipuan, memantau segala macam bentuk pencurian, dan perlindungan dari aktivitas kriminal dan pendanaan terorisme.
- Mengumpulkan data statistik dan analisis anonim untuk digunakan secara internal atau dengan pihak ketiga.
- Mengirimkan iklan, kupon, buletin, dan informasi lain tentang promosi dan Aplikasi kepada Anda.
- Mengirim email tentang akun atau pesanan Anda.
- Mengaktifkan komunikasi antar pengguna.
- Membantu Anda pada saat berkomunikasi dengan layanan pelanggan Kami, di antaranya untuk:
- memeriksa dan mengatasi permasalahan Anda;
- mengarahkan pertanyaan Pengguna kepada petugas layanan pelanggan yang tepat untuk mengatasi permasalahan;
- mengawasi dan memperbaiki tanggapan layanan pelanggan kami;
- menghubungi Pengguna melalui E-mail, WhatsApp, dan Instagram termasuk namun tidak terbatas, untuk membantu dan/atau menyelesaikan proses transaksi maupun proses penyelesaian kendala, serta menyampaikan berita atau notifikasi lainnya sehubungan dengan perlindungan Data Pribadi Pengguna oleh kami, termasuk kegagalan perlindungan Data Pribadi Pengguna;
- menggunakan informasi yang diperoleh dari Pengguna untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan pengujian produk guna meningkatkan keamanan layanan-layanan pada Aplikasi Finku, serta mengembangkan fitur dan produk baru; dan
- menginformasikan kepada Pengguna terkait produk, layanan, promosi, studi, survei, berita, perkembangan terbaru, acara dan informasi lainnya, baik melalui Aplikasi Finku maupun melalui media lainnya. Kami juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk mempromosikan dan memproses kontes dan undian, memberikan hadiah, serta menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang layanan kami dan mitra usaha kami.
- Memvalidasi permintaan, aktivitas, dan transaksi Pengguna, serta meningkatkan persetujuan atas layanan yang kami sediakan. Kami juga dapat menggunakan informasi yang kami kumpulkan untuk verifikasi identitas Pengguna, mencegah penipuan, dan mengevaluasi keefektifan strategi pemasaran kami.
- Melakukan pemantauan dan penyelidikan terhadap transaksi yang mencurigakan atau menunjukkan tanda-tanda penipuan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan serta peraturan hukum yang berlaku, dan mengambil tindakan yang diperlukan sebagai langkah selanjutnya berdasarkan hasil pemantauan atau penyelidikan transaksi tersebut.
- Kami akan mengirimkan pesan penting terkait layanan kami kepada Pengguna. Pengguna menyadari dan menyetujui bahwa kami akan menghubungi Pengguna melalui telepon, SMS, e-mail, WhatsApp, atau media lainnya untuk memberikan dukungan terkait layanan yang kami sediakan. Jika Pengguna memutuskan untuk tidak ingin menerima komunikasi dari kami kapan saja, Pengguna dapat mengikuti petunjuk untuk berhenti berlangganan yang diberikan dalam komunikasi tersebut atau menghubungi layanan pelanggan kami.
- Dalam situasi tertentu, kami dapat menggunakan atau mengungkapkan Data Pribadi Pengguna untuk mematuhi ketentuan hukum, termasuk kepentingan pertahanan dan keamanan nasional, penegakan hukum, kepentingan umum dalam fungsi negara, pengawasan sektor jasa keuangan, moneter, sistem pembayaran, dan stabilisasi sistem keuangan yang dilakukan dalam konteks penyelenggaraan negara, kepentingan statistik dan penelitian ilmiah, termasuk dalam kasus sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan kami, atau dugaan tindak pidana seperti penipuan atau pencurian data.
- Melaksanakan kewajiban yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait dengan aspek perpajakan di Indonesia.
- Memfasilitasi transaksi penggabungan, penjualan aset perusahaan, konsolidasi atau restrukturisasi, pembiayaan atau akuisisi yang melibatkan Kami.
- Pemberian Informasi yang Kami Kumpulkan / Penahanan Informasi yang Kami Kumpulkan
Kami dapat membagikan informasi yang telah kami kumpulkan mengenai Anda dalam situasi tertentu. Informasi Anda dapat diungkapkan sebagai berikut:
- Penyedia Layanan Pihak Ketiga: Kami dapat membagikan informasi Anda dengan pihak ketiga yang melakukan layanan untuk kami atau atas nama kami, termasuk pemrosesan pembayaran, analisis data, pengiriman email, layanan hosting, layanan pelanggan, dan bantuan pemasaran, maupun lembaga jasa keuangan lainnya yang mungkin menjadi mitra bisnis kami sehubungan dengan penyediaan Layanan dalam Aplikasi Finku. Komunikasi Pemasaran: Dengan persetujuan Anda, atau dengan kesempatan bagi Anda untuk menarik persetujuan, kami dapat membagikan informasi Anda dengan pihak ketiga untuk tujuan pemasaran, sebagaimana diizinkan oleh hukum.
- Interaksi dengan Pengguna Lain: Jika Anda berinteraksi dengan pengguna lain di Aplikasi Finku atau situs Kami, pengguna tersebut dapat melihat nama, foto profil, dan deskripsi aktivitas Anda, termasuk mengirim undangan ke pengguna lain, mengobrol dengan pengguna lain, menyukai posting, blog berikut.
- Posting Online: Saat Anda memposting komentar, kontribusi, atau konten lain ke Aplikasi Finku atau situs Kami, posting Anda dapat dilihat oleh semua pengguna dan dapat didistribusikan secara publik di luar Aplikasi Finku untuk selamanya.
- Pengiklan Pihak Ketiga: Kami dapat menggunakan perusahaan periklanan pihak ketiga untuk menayangkan iklan ketika Anda mengunjungi Aplikasi Finku atau situs Kami.
- Afiliasi: Kami dapat membagikan informasi Anda dengan afiliasi kami, dalam hal ini kami akan meminta afiliasi tersebut untuk menghormati Kebijakan Privasi ini. Afiliasi termasuk perusahaan induk kami dan anak perusahaan, mitra usaha patungan, atau perusahaan lain yang kami kendalikan atau yang berada di bawah kendali yang sama dengan kami.
- Mitra Bisnis: Kami dapat membagikan informasi Anda dengan mitra bisnis kami untuk menawarkan produk, layanan, atau promosi tertentu kepada Anda.
- Berdasarkan Hukum atau untuk Melindungi Hak: Jika kami yakin bahwa merilis informasi tentang Anda diperlukan untuk menanggapi proses hukum, untuk menyelidiki atau memperbaiki potensi pelanggaran kebijakan kami, atau untuk melindungi hak, properti, dan keselamatan orang lain, kami dapat membagikan informasi Anda sebagaimana diizinkan atau diharuskan oleh hukum, aturan, atau regulasi yang berlaku. Ini termasuk bertukar informasi dengan entitas lain untuk perlindungan penipuan dan pengurangan risiko kredit.
- Teknologi Pelacakan yang Kami Gunakan
Cookies dan Web Beacon: Kami dapat menggunakan cookies, web beacon, piksel pelacak teknologi pelacakan lainnya di Aplikasi untuk membantu menyesuaikan Aplikasi dan meningkatkan pengalaman Anda. Saat Anda mengakses Aplikasi, informasi pribadi Anda tidak dikumpulkan melalui penggunaan teknologi pelacakan. Kebanyakan browser diatur untuk menerima cookie secara default. Anda dapat menghapus atau menolak cookie, tetapi ketahuilah bahwa tindakan tersebut dapat mempengaruhi ketersediaan dan fungsionalitas Aplikasi. Anda tidak boleh menolak suar web. Namun, cookie dapat dibuat tidak efektif dengan menolak semua cookie atau dengan mengubah pengaturan browser web Anda untuk memberi tahu Anda setiap kali cookie ditawarkan, memungkinkan Anda untuk menerima atau menolak cookie secara individual.
Periklanan Berbasis Internet: Selain itu, kami dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk menayangkan iklan di Aplikasi, menerapkan kampanye pemasaran email, dan mengelola inisiatif pemasaran interaktif lainnya. Perangkat lunak pihak ketiga ini dapat menggunakan cookie atau teknologi pelacakan serupa untuk membantu mengelola dan mengoptimalkan pengalaman online Anda bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut tentang menyisih dari iklan berbasis minat, kunjungi Alat Penyisihan Prakarsa Periklanan Jaringan atau Alat Penyisihan Aliansi Periklanan Digital.
Analisis Situs Web dan Email: Kami juga dapat bermitra dengan vendor pihak ketiga yang dipilih, seperti Google Analytics lainnya, untuk memungkinkan teknologi pelacakan dan layanan pemasaran ulang di Aplikasi Finku atau situs Kami melalui penggunaan cookie pihak pertama dan cookie pihak ketiga , untuk, antara lain, menganalisis dan melacak penggunaan Aplikasi oleh pengguna, menentukan popularitas konten tertentu dan lebih memahami aktivitas online. Dengan mengakses Aplikasi, Anda menyetujui pengumpulan dan penggunaan informasi Anda oleh vendor pihak ketiga ini. Anda didorong untuk meninjau kebijakan privasi mereka dan menghubungi mereka secara langsung untuk tanggapan atas pertanyaan Anda. Kami tidak mentransfer informasi pribadi ke vendor pihak ketiga ini. Namun, jika Anda tidak ingin informasi apa pun dikumpulkan dan digunakan oleh teknologi pelacakan, Anda dapat mengunjungi vendor pihak ketiga atau Alat Penyisihan Prakarsa Periklanan Jaringan atau Alat Penyisihan Aliansi Periklanan Digital.
- Hak Anda Mengenai Data Pribadi Anda
Hak Untuk Mengakses Data
Anda berhak meminta agar kami memberikan konfirmasi kepada Anda apakah Kami memproses Data Pribadi Anda atau tidak dan, jika demikian, memberi Anda akses ke Data Pribadi dan informasi berikut: (a) tujuan pemrosesan ; (b) kategori Data Pribadi yang bersangkutan; (c) penerima atau kategori penerima yang Data Pribadinya telah atau akan diungkapkan; (d) jika memungkinkan, periode yang diperkirakan untuk penyimpanan Data Pribadi, atau, jika tidak memungkinkan, kriteria yang digunakan untuk menentukan periode tersebut; (e) adanya hak untuk meminta dari Kami perbaikan atau penghapusan Data Pribadi atau pembatasan pemrosesan Data Pribadi mengenai Anda atau untuk menolak pemrosesan tersebut; (f) hak untuk mengajukan pengaduan kepada otoritas pengawas; (g) jika Data Pribadi tidak dikumpulkan dari Anda, informasi apa pun yang tersedia mengenai sumbernya; (h) keberadaan pengambilan keputusan otomatis, termasuk pembuatan profil dan, setidaknya dalam kasus tersebut, informasi yang berarti tentang logika yang terlibat, serta signifikansi dan konsekuensi yang diperkirakan dari pemrosesan tersebut untuk Anda. Jika data Anda ditransfer ke negara di luar wilayah Indonesia, Anda berhak untuk diberi tahu tentang perlindungan yang sesuai terkait dengan transfer tersebut. Jika Anda meminta demikian, kami akan memberi Anda salinan Data Pribadi Anda yang sedang kami proses. Untuk salinan lebih lanjut yang Anda minta, kami dapat mengenakan biaya yang wajar berdasarkan biaya administrasi yang Kami miliki. Jika Anda mengajukan permintaan melalui sarana elektronik, dan kecuali diminta lain oleh Anda, informasi tersebut akan diberikan kepada Anda dalam bentuk elektronik yang umum digunakan.
Hak Untuk Memperbaiki
Anda berhak untuk memperoleh dari kami tanpa penundaan yang tidak semestinya, perbaikan Data Pribadi yang tidak akurat tentang Anda. Dengan mempertimbangkan tujuan pemrosesan, Anda berhak untuk melengkapi Data Pribadi yang tidak lengkap, termasuk dengan memberikan pernyataan tambahan terhadap perubahan tersebut.
Hak Untuk Menghapus
Anda berhak meminta Kami untuk menghapus Data Pribadi Anda tanpa penundaan yang tidak semestinya sebagaimana diatur dalam peraturan hukum yang berlaku. Namun, penghapusan Data Pribadi akan berarti bahwa kami tidak dapat memberikan tawaran-tawaran yang menguntungkan untuk Anda di masa mendatang.
- Akses dan Perbaikan Data Pribadi atau Penarikan Kembali Persetujuan
- Kami mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa Data Pribadi Pengguna diproses secara akurat, lengkap, tidak menyesatkan, mutakhir, dan dapat dipertanggungjawabkan. Namun demikian, penting bagi Pengguna untuk memberi tahu kami secara tepat waktu tentang segala perubahan pada Data Pribadi Pengguna atau jika ada kesalahan dalam Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali kami.
- Pengguna berhak untuk mengakses atau mengoreksi Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali kami melalui layanan pelanggan kami yang tersedia dalam Kebijakan Privasi ini. Namun demikian, permohonan tersebut hanya akan diproses oleh kami apabila Pengguna telah menyerahkan bukti identitas yang memadai untuk melakukan akses atau koreksi terhadap data tersebut. Kami berhak menolak permohonan untuk mengakses, atau untuk memperbaiki, sebagian atau semua Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali kami jika diizinkan atau diperlukan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku. Dalam hal Data Pribadi tersebut dapat berisi referensi kepada orang lain atau dimana permintaan untuk akses atau permintaan untuk mengoreksi adalah untuk alasan yang kami anggap tidak relevan, tidak serius, atau menyulitkan, maka kami berhak menolak permintaan tersebut.
- Kami tidak membebani Pengguna dengan biaya administrasi untuk menangani permintaan Pengguna terkait akses atau perbaikan Data Pribadi Pengguna.
- Pengguna dapat menarik persetujuan yang telah Pengguna berikan terkait dengan pemrosesan Data Pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali kami dengan mengirimkan permintaan tersebut melalui channel yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini. Dalam hal permintaan tersebut kami setujui, kami akan memproses permintaan Pengguna dalam kurun waktu yang wajar sejak permintaan penarikan persetujuan tersebut disampaikan, dan selanjutnya tidak memproses Data Pribadi Pengguna sesuai dengan permintaan awal Pengguna, kecuali diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam hal terdapat penarikan persetujuan, kami mungkin tidak dapat melaksanakan kewajiban-kewajibannya berdasarkan setiap perjanjian antara Pengguna dengan kami. Sehubungan dengan hal tersebut, terdapat juga kemungkinan bahwa dikarenakan kami tidak dapat melaksanakan kewajiban-kewajibannya oleh karena Pengguna menarik persetujuannya, setiap hubungan hukum antara Pengguna dan kami menjadi berakhir dan tidak dapat dilanjutkan.
- Kami akan mengolah semua permintaan penarikan persetujuan pemrosesan Data Pribadi dalam waktu 3 (tiga) hari kerja sejak penerimaan permintaan tersebut.
- Keamanan, Penyimpanan dan Penghapusan Data Pribadi
- Kami melakukan perlindungan terhadap setiap Data Pribadi Pengguna yang disimpan dalam sistem kami, dan melindungi data tersebut dari pengaksesan yang tidak sah, pengungkapan yang tidak sah, pengubahan yang tidak sah, penyalahgunaan, perusakan, dan/atau penghilangan Data Pribadi melalui tindakan keamanan yang mencakup penggunaan kata sandi dan kode OTP (One Time Password) oleh Pengguna.
- Data Pribadi Pengguna juga dapat disimpan atau diproses di luar negara Republik Indonesia oleh pihak mitra kerja sama kami atau oleh penyedia layanan pihak ketiga, vendor, pemasok, mitra, kontraktor, atau afiliasi kami. Dalam hal tersebut, kami akan memastikan bahwa Data Pribadi tetap dilindungi sesuai dengan komitmen yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini.
- Meskipun kami telah mengambil langkah terbaik untuk mengamankan dan melindungi Data Pribadi Pengguna, perlu diingat bahwa pengiriman data melalui internet tidak dapat dijamin sepenuhnya aman. Dengan menggunakan layanan Aplikasi Finku, Pengguna mengakui bahwa Pengguna memahami risiko yang mungkin timbul dari penggunaan layanan tersebut dan pengiriman data melalui internet.
- Kami akan menghapus atau mengubah Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali kami jika (i) Data Pribadi Pengguna tidak lagi diperlukan untuk tujuan pemrosesan data; dan (ii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun, penghapusan Data Pribadi akan berarti bahwa kami tidak dapat memberikan tawaran-tawaran yang menguntungkan untuk Anda di masa mendatang.
- Harap dicatat bahwa kemungkinan masih ada beberapa Data Pribadi Pengguna yang disimpan oleh pihak lain, termasuk instansi penyelenggara negara yang berwenang. Jika kami membagikan Data Pribadi Pengguna kepada instansi penyelenggara negara yang berwenang atau instansi lain yang ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan kami, Pengguna menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Data Pribadi Pengguna oleh instansi tersebut akan tunduk pada kebijakan penyimpanan data masing-masing instansi tersebut.
- Perlindungan Keamanan Data Pribadi
Keamanan informasi Data Pribadi Anda adalah hal yang sangat penting bagi Kami. Finku memastikan bahwa informasi yang dikumpulkan akan disimpan dengan aman, namun harap diketahui bahwa tidak ada metode menyangkut transmisi data melalui internet, atau metode penyimpanan elektronik yang aman. Dengan demikian, Finku tidak dapat menjamin 100% keamanan data yang disediakan atau dikirimkan kepada Finku oleh Anda dan pemberian informasi oleh Anda merupakan risiko yang ditanggung oleh Anda sendiri. Sebagai informasi bahwa Upaya yang Kami lakukan dalam menyimpan informasi Data Pribadi Anda yaitu dengan cara:
- Mendapatkan persetujuan tegas (explicit consent) secara tertulis atau lisan terekam dari Anda untuk memproses Data Pribadi yang buktinya dapat disimpan dan ditunjukkan;
- Melakukan beberapa upaya yang lazim dalam melindungi keamanan Data Pribadi Anda dari pengaksesan yang tidak sah, pengungkapan yang tidak sah, pengubahan yang tidak sah, penyalahgunaan, perusakan, dan/atau kehilangan Data Pribadi.
- Memberitahukan tujuan dan aktivitas pemrosesan, serta kegagalan perlindungan Data Pribadi Anda.
- Mengumpulkan dan memproses Data Pribadi Anda secara terbatas dan spesifik, sah secara hukum, transparan, patut, dapat dipertanggungjawabkan dan sesuai dengan tujuannya.
- Melakukan perekaman terhadap seluruh kegiatan pemrosesan Data Pribadi.
- Menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Anda dan lembaga terkait yang berwenang selambatnya dalam kurun waktu 3x24 jam dalam hal terjadi kegagalan perlindungan Data Pribadi milik Anda.
- Menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada Anda apabila terjadi pembaruan dan/atau perbaikan terhadap Data Pribadi Anda melalui akun dan/atau alamat email Anda yang terdaftar di Platform Finku paling lambat 3x24 jam sejak permintaan pembaruan dan/atau perbaikan Data Pribadi.
- Bahwa terdapat kemungkinan bahwa beberapa Data Pribadi Anda disimpan oleh pihak lain, termasuk instansi penyelenggara negara yang berwenang. Dalam hal Finku membagikan Data Pribadi Anda kepada instansi penyelenggara negara yang berwenang dan/atau instansi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan Finku. Anda menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Data Pribadi Anda oleh instansi tersebut akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing instansi tersebut.
Finku Bersama akan menyelidiki keluhan Anda dan berupaya untuk memberikan tanggapan terhadap keluhan tersebut dalam kurun waktu yang wajar setelah menerima keluhan yang disampaikan oleh Anda.
Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang penanganan atau perlakuan Finku terhadap Data Pribadi Anda atau jika Anda yakin bahwa privasinya telah dilanggar. Anda dapat menghubungi Finku melalui layanan pelanggan Finku atau kepada kontak Finku yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini dengan menjelaskan identitas dan sifat keluhan Anda.
- Informasi tentang Anak Di Bawah Umur
Layanan Kami tidak ditujukan untuk anak-anak di bawah usia 18 tahun. Kami tidak akan mengumpulkan, menggunakan, menyediakan atau memproses, dalam bentuk apapun, setiap informasi pribadi dari anak-anak yang berusia di bawah 18 tahun secara sengaja.
- Penggunaan Data Pribadi bagi Penyandang Disabilitas
Secara khusus, Kami akan memproses Data Pribadi Pengguna yang memiliki disabilitas, yang dilakukan melalui komunikasi dengan cara tertentu sesuai dengan kebutuhan penyandang disabilitas sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.
Dalam melakukan pemrosesan data tersebut, penyandang disabilitas dapat bertindak untuk dan atas dirinya sendiri atau diwakilkan oleh wali.
Apabila Anda memiliki disabilitas dan membutuhkan bantuan untuk menggunakan hak Anda sebagai subjek data, silahkan hubungi Kami melaluiemail customer.experience@finku.id atau WhatsApp +62 882-0034-91816 atau Instagram @finku.id. Prosesnya akan memakan waktu hingga 30 (tiga puluh) hari kerja sejak tanggal pengiriman permohonan Anda. - Penyimpanan, Permohonan Subjek Data dan Penghapusan Data Pribadi
- Kami akan mempertahankan informasi selama akun Pengguna masih aktif, sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh peraturan hukum yang berlaku di Indonesia.
- Pengguna berhak mengajukan permintaan sebagai subjek data kepada kami dengan ketentuan sebagai berikut:
- Hak untuk memperoleh klarifikasi mengenai identitas, dasar kepentingan hukum, tujuan permintaan dan penggunaan Data Pribadi, dan akuntabilitas.
- Hak untuk mengakses dan memperoleh salinan Data Pribadi tentang dirinya.
- Hak untuk memperbarui atau memperbaiki kesalahan dan ketidakakuratan dalam Data Pribadi yang dimilikinya.
- Hak untuk mencabut persetujuan atas pemrosesan Data Pribadi yang dimilikinya.
- Hak untuk menghapus dan menghancurkan Data Pribadi yang dimilikinya.
- Hak untuk menunda atau membatasi pemrosesan Data Pribadi secara proporsional sesuai dengan tujuan pemrosesan.
- Hak untuk memperoleh dan menggunakan Data Pribadi tentang dirinya dari Pengendali Data Pribadi dalam format yang umum digunakan atau dapat dibaca oleh sistem elektronik.
- Hak untuk mengakhiri pemrosesan, menghapus, dan/atau memusnahkan Data Pribadi tentang dirinya.
- Hak menggugat dan menerima ganti rugi atas pelanggaran pemrosesan Data Pribadi tentang dirinya.
- Pengguna dapat menghubungi kami melalui saluran "Hubungi Kami" yang tersedia dalam Kebijakan Privasi ini.
- Pengguna dapat mengajukan permintaan penghapusan informasi Pengguna dengan menutup akun Pengguna. Permintaan tersebut akan kami proses asalkan Pengguna tidak memiliki kewajiban yang belum diselesaikan terhadap kami. Kami berhak menolak permintaan untuk menghapus Data Pribadi Pengguna yang kami proses jika diizinkan atau diperlukan oleh hukum yang berlaku.
- Kami akan memproses permohonan sebagai subjek data sesuai dengan persyaratan hukum yang berlaku di Indonesia.
- Kami dapat menyimpan salinan arsip data Pengguna sesuai dengan kewajiban undang-undang atau yang diperlukan untuk melindungi hak-hak kami atau pengguna.
- Bahasa
Ketentuan Penggunaan ini dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Apabila terdapat ketidaksesuaian atau perbedaan interpretasi antara versi bahasa Indonesia dan versi bahasa Inggris, Anda setuju bahwa versi bahasa Indonesia yang akan berlaku sejauh ketidaksesuaian atau perbedaan tersebut, dan versi bahasa Inggris yang relevan dianggap secara otomatis diubah agar sesuai dengan bagian yang relevan dari versi bahasa Indonesia.
- Kontak Kami
Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar mengenai kebijakan privasi ini, silakan hubungi kami melalui E-mail customer.experience@finku.id atau WhatsApp +62 882-0034-91816 atau Instagram @finku.id. Kebijakan Privasi terakhir diperbarui pada tanggal 6 Februari 2024.